24 Februari 2010

Mendapatkan Tidur yang baik

Kurang tidur sangat mempengaruhi daya tahan tubuh,sulit tidur sebagai gangguan tidur karena stres pekerjaan berat,punya masalah dll, dianjurkan minum susu hangat sebelum tidur agar dapat mengurangi
gangguan tidur tersebut, bila sulit memenuhi tidur tersebut upayakan bisa memperoleh tidur yang berkualitas.
tidur berkualitas adalah tidur nyenyak walaupun hanya sebentar tetapi tubuh terasa segar tatkala bangun.

Bunga lavender sangat efektif bila digunakan sebagai obat tidur,gunakan minyak lavender untuk seduhan/minyak esensial yang diekstrak dari daunnya,bunga dan batang.

Hindari jebakan mengkonsumsi alkohol puntuk tidur nyaman,selain tidak sehat alkohol bisa membuat anda terbangun ditengah malam dan pagi hari anda bangun dengan lelah.

Jika tidak bisa tidur tenangkan hati dan fikiran dengan tidak memikirkan segala permasalahan/pekerjaan yang sedang dihadapi,alihkan konsentrasi dengan membaca buku/komik yang ringan.

Saat sudah berbaring ditempat tidur,kencangkan semua otot tubuh anda sambil mengepalkan tangan lalu lepaskan ulangi 8x,anda akan merasa lelah dan mengantuk.

Bila tidak terlalu dingin diluar,maka coba untuk tidur dengan jendela terbuka sedikit saja,ini menciptakan ventilasi udara yang lebih baik.

Menyikat tubuh dengan handuk sebelum mandi pagi dapat merangsang aliran darah keseluruhan tubuh dan meningkatkan energi sepanjang hari.

Hindari berbagi barang2 pribadi seprti selimut,bantal atau pakaian seseorang yang sedang sakit pilek/flu, bakteri dapat hidup dalam jangka waktu pendek pada barang2 itu.

RAMBUT
Untuk menghidupkan kembali rambut yang sudah kusam bilas rambut dengan jus lemon.

Minum banyak air,buah dan sayur mentah mungkin cara terbaik mendapatkan rambut sehat.

TUBUH
Wortel,gandum,beras merah serta omega3 yang terdapat pada makanan laut seperti salmon dan tuna bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Hindari mengkonsumsi gula terlalu banyak karena akan menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi,sehingga terjadi ketidak seimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak anda.

Hindari makanan yang mengandung MSG atau zat2 tambahan(pemanis,pengawet,perasa dll)selama tenggorokan anda gatal/sakit.

Jangan makan terlalu banyak apalagi yang kadar lemaknya tinggi karena dapat berakibat mengerasnya pembulu darah otak dan akibatnya kemampuan kerja otak menurun.

Gunakan kaos kaki yang mengandung 70% katun/wol,bahan ini ramah dikulit tidak kedap udara,efektif menjaga kulit dari keringat sehingga kulit tetap kering dan bebas dari bau.

Kemarahan sangat kuat pengaruhnya ,menghancurkan hati bahkan seseorang bijak sekalipun,orang yang tidak dapat mengontrol kemarahanya tidak dapat pula mengontrol otaknya.



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda